Apa Perbedaan antara Windows 32bit dan 64bit?

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit | Sebagian besar pengguna komputer atau laptop pasti kenal dengan windows dibandingkan dengan Operating System (OS) yang lainnya. Kebanyakan pada toko komputer akan menjual laptop baru dengan OS windows versi terbaru yaitu windows 8 atau windows 10.

Nah, Dalama windows biasa kita kenal dengan windows versi 32 bit dan 64 bit, anda akan tahu jika cek spesifikasi komputer atau laptop (Baca: Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer). Lalu apa perbedaan antara versi 32bit dengan versi 64 bit? Apa kekurangan dan kelebihan? kita akan bahas sampai tuntas disini.

Perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit

Perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit

Berikut beberapa perbedaan mendasar yang dimiliki oleh kedia versi tersebut, bisa andda cermati paka spesifikasi komputer atau laptop anda.

1. Kapasitas RAM

Windows versi 32 bit akan menggunakan RAM dengan ukuran kecil atau standar, biasanya ram yang digunakan dibawah 4 GB maka hasilnya akan lebih maksimal menggunakan windows versi 32bit, namun jika anda memiliki ukuran kapasitas ram 4 GB atau lebih maka sebaiknya anda menggunakan windows versi 64 bit tentu kinerja komputer akan lebih maksimal. 

Namun untuk keluaran terbaru, laptop terinstal dengan windows versi 64bit walaupun dengan ram 2GB, namun hardware sangat mendukung jadi kinerja tetap baik. tinggal anda sesuaikan software yang ingin anda instal usahakan versi 64bit.


2. Kompatibilitas Software

Kompatibilitas Software disini adalah aplikasi dapat diinstal dengan versi keduanya. Misalkan anda menggunakan windows versi 64bit maka anda juga dapat instal 32bit, namun jika anda memasang windows versi 32bit, maka hanya bisa instal software versi 32 bit saja.

Jadi untuk Kompatibilitas Software windows versi 64bit lebih unggul, namun lebih baiknya dan lebih maksimal. windows versi 64bit lebih baik menggunakan software dengan versi 64bit juga.

3. Kecepatan Proses Data

Untuk windows versi 64bit akan memproses data lebih besar dan cepat, namun harus diimbangi dengan hardware yang memadai, namun jika hardware dengan kualitas dan kapasitas sedang sebaiknya menggunakan versi 32 bit justru akan sama-sama maksimal dan proses cepat. 

Saya rasa anda harus menyeimbangkan antara kebutuhan hardware dan software pada komputer atau laptop anda. Sesuaikan dengan keadaan hardware baru diimbangi dengan software yang tepat. 

Kelebihan dak Kekurangan Windows 32-bit dan 64-bit

Setelah melihat perbedaan diatas, tentu kita dapat menyimpulkan apa saja kekurangan dan kelebihan dari dua versi tersebut, secara singkat berikut kelebihan dan kekurangannya:

64 bit 
Memiliki kelebihan dengan performa kecepatan akses yang lebih maksimal, dan kompetible dengan software versi 32bit. namun kekurangannya yaitu membutuhkan hardware yang memadai mulai dari ukuran RAM dan lainnya.

32 bit
Performa maksimal dengan RAM yang kecil dan tidak membutuhkan hardware dengan kapasitas besar, Kekurangan tidak kompetible dengan software versi 64bit. 

Demikian informasi tentang perbedaan, kekurangan dan kelebihan antara Windows 32-bit dan 64-bit, semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anda. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini kemedia sosial anda untuk dibagikan kepada teman-teman anda. 

Terima Kasih.

2 Komentar untuk "Apa Perbedaan antara Windows 32bit dan 64bit?"

berarti enakan 64 ya gan.. kalo mau upgrade gimana ya?

Kalau menurut saya pribadi tergantung kegunaan mas, saya pakai yang 32bit karena menyesuaikan dengan kapasitas laptop. kalau kapasitas hardware lebih tinggi misal pakai ram 4GB silahkan pakai versi 64bit. dan untuk upgrade caranya instal ulang windows yang 64bit.

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !